Minggu, 22 Februari 2015

Resensi Buku Pengantar Pendidikan


Resensi Buku Pengantar Pendidikan


Judul Buku      : Pengantar Pendidikan
Pengarang       : Umar Tirtarahardja, dkk
Tahun Terbit    : 2010 (cetakan ke dua)
Tempat Terbit  : Jakarta
Tebal Buku      : 320 hlm

Buku pengantar pendidikan merupakanhasil penulisan Prof.Dr, Umar Tirtarahardja, dan Drs.La Sulo dibantu oleh Prof.Dr I Watan Ardhana dan Prof.Dr Sudijarto sebagai evaluator atau review buku ini. Sebagaimana upaya peningkatan kualitas yang tidak akan pernah selesai. Mungkin pula buku bahan belajar ini nantinya akan memerlukan revisi berdasarkan masukan dari lapangan. Buku bahan belajar ini sebagai buku pegangan mahasiswa dan dosen dalam penyelenggaraan perkuliahan. Buku bahan belajar ini diharapkan akan member dasar, arah,dan titik tolsk kegiatan perkuliahan sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terprogram
Bapak Prof.Dr, Umar Tirtarahardja lahir di Lamongan Jawa Timur tahun 1932. Tamat SRtahun 1947 di Lamongan , SMP 1950 di Kediri, melanjutkan belajar pada SGA Negeri di Surabaya tamat 1953, saat itu langsung ditugaskan sebagai guru pada SMP Negeri 2 Makasar. Tahun 1955 sampai dengan 1958 belajar pada BI pedagogis (ilmu mendidik). Disini sempat menikmati belajar pedagogis, psikologis, sosiologi dan filsafat dari Dr Enklaar, Prof Dr Wolhof, Dr Bergma dibawah bimbingan M. Hutagalung.
Pembahasan pertama tentang buku Pengantar Pendidikan ini membahas tentang hakikat manusia dan pengembangannya, tentang sarana pendidikan, pendidikan bermaksud untuk membantu peserta didik untuk menubuh kembangkan potensi-potensi kemanusiaan. Manusia memiliki cirri khas yang membedakannya dari hewan, pembahasan kedua tentang pengertian dan unsure-unsur pendidikan, seperti sifat sasarannya yaitu manusia, mengandung banyak aspek dan sifat yang kompleks, karena sifatnya yang kompleks, maka tidak sebuah batasan pun yang cukup memadai untuk menjelaskan arti arti pendidikan secara lengkap. Unsure-unsur pendidikan yaitu peserta didik, pendidik, interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif), kearah mana bimbingan di tunjukan (tujuan pendidikan) dan pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
Aliran-aliran pendidikan adalah sebuah pemikiran tentang pendidikan. Aliran-aliran pendidikan telah dimulai sejak awal hidup manusia karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik dari orang tuanya. Didalam berbagai kepustakaan tentang aliran-aliran pendidikan, pemikiran-pemikiran pendidikan telah dimulai dari zaman Yunani Kuno sampai Sekarang. Pemikiran pendidikan sejak dulu, kini, masa yang akan datang terus berkembang. Hasil dari pemikiran itu disebut aliran atau gerakan baru dalam pendidikan. Aliran atau gerakan tersebut mempengaruhi pendidikan diseluruh dunia, termasuk pendidikan di Indonesia.
Penggunaan Bahasa dalam buku inii, sudah sesuai dengan cara penulisan yang baik, tetapi ada beberapa kata yang memang susah dan sulit dipahami oleh kami yang baru ada didalam dunia pendidikan di jenjang Universitas.
Buku ini sangat bagus untuk anka-anak yang baru memasuki atua mengenali pendidikan, buku ini baik untuk pedoman atau pegangan calon pendidik, disetiap akhirnya buku ini mencantumkan rangkuman dan tugas untuk evaluasi pembacanya, kelengkapan sudah cukup bagus dan klimat bahkan kata-katanya cukup baik dan sesuai EYD, kelebihan buku tersebut. Dan kekurangannya hanya masih terdapat beberapa kata yang susah dipahami, dan ada juga beberapa ulasan yang sedikit membingungkan pembacanya.
Buku pengantar pendidikan cetakan kedua ini menjadi pegangan yang baik untuk siswa, mahasiswa dan yang lain. Buku  ini menjelaskan kerincian tentang pendidikan, pendidik, tentang manusia, aliran-aliran dll. Sebuah karya yang baik, bagus oleh Bapak Prof.Dr, Umar Tirtarahardja, sebuah buku yang membuat pembacanya mengetahui apa pendidikan itu, ulasannya sangat rapih, buku ini sangat layak untuk mendampingi pelajar, mahasiswa, dan umum sebagai pegangan mereka belajar.

1 komentar: